Purchase Order vs Work Order

Purchase Order vs Work Order (PO vs WO), dua kata diatas ini adalah most wanted oleh supplier. 'Ini pak saya WA/email PO nya ya'. Kata simpel ini juga paling bisa bikin supplier terbang ke langit ketujuh. Setuju kawan-kawan sales? Hehe.
Purchase Order vs Work Order
Sumber gambar: deskera.com
PO/ WO atau kadang di BUMN/ Instansi pemerintah juga disebut Surat Pembelian Barang/Surat Perintah Kerja (SPB/ SPK). Adalah pengikatan resmi antara pihak perusahaan dengan supplier terkait. Biasanya PO/SPB digunakan untuk pembelian barang. Dan WO/ SPK digunakan untuk pembelian jasa.

Saya super yakin sebelum baca tulisan ini pasti kawan-kawan purchasing/ supplier seringkali menyamaratakan PO dengan WO. Yo wes biar gampang semua pake PO aja. Mo barang kek. Jasa kek. Hajar semua pake PO. Nggak salah juga sih. Cuma kok kaya kurang tepat aja. Baiknya disesuaikan lah ya.

Dari beberapa pengalaman penggunaan PO dan WO juga sering kali cuma di judul saja. Waduh ga boleh gitu donk tschay. Terlalu banyak perbedaan antara PO dan WO. Yang paling gampang dari segi penerimaan nya deh. Biasanya PO ketika dikirim akan menggunakan minimal Surat Jalan. Ini berfungsi sebagai bukti bahwa barang sudah diterima.

Lha kalo WO pasangannya sama Berita Acara Serah Terima Pekerjaan (BASTP). Contoh gampang deh misal kerjaan nguruk tanah. Nggak mungkin kerjaan nguruk tanah diselesaikan dengan Surat Jalan kan? Pasti pakai BASTP. Di pemerintahan/BUMN malah sering ada praktek pakai BASTB. Alias Berita Acara Serah Terima Barang.

Belum lagi soal pajak. Biasa penjualan barang kena PPN. Kalo nggak salah amount nya 11 persen ya di tahun ini. Dan bisa nambah sampe 12 persen di tahun depan. Gila juga ya setau saya baru di Indonesia yang menerapkan PPN lebih dari 10 persen ya. CMIIW kalo ada info yang update boleh lho rekan-rekan.

Lha kalo jasa. Kebanyakan Pph. Yang pasti amount nya sekitar 2 persen. Detailnya kawan-kawan pajak bisa komen lah. Lumayan ribet soalnya PPh ini. Ada yang sekarang kena 1 persen kaya di industri transportasi. Ada juga yang lebih dari itu. Kalo saya nggak salah ada jasa yang dikenakan PPN juga. Buat para pengusaha pasti bikin pusing kalo jasa juga dikenakan PPN tapi lupa diitung. Habislah itu margin.

Terus gimana kalo projectnya kompleks. Ada kombinasi antara suplai barang dan jasa? Harus pake PO atau WO? Biasanya yang model kaya gini bisa pake dua-duanya. Yang barang pake PO. Dan yang jasa pake WO.

Apa sih untungnya beda-bedain mana PO dan WO. Oh jelas banyak banget. Secara administrasi gampang diliat. Kalo ada Audit gampang di lacak. En juga memudahkan tim Finance buat sortir di departemen mereka. Kalo masuk di ERP juga lebih gampang analisanya. Dlsb.

Segitu dulu ya sharing dari saya. Semoga berguna. Dan kalo ada masukan monggo bisa di share di komen ya. Kita diskusi.