Quality Control 7 Tools

Beberapa hari lalu saya memposting mengenai #QC kan ? nah kali ini ada lanjutannya teman-teman. Kali ini Dimas akan #Sharing sedikit tentang QC 7 Tools.

Quality Control 7 Tools

QC 7 Tools merupakan sebuah perlengkapan statistik yang dapat digunakan dalam proses pemecahan suaru masalah di pekerjaan dan mengusahakan perbaikan hasil dan proses kerja.

Apa saja sih Komponennya?
  1. Check sheet : merupakan tools yang berbentuk formulir tabel sebagai alat pengumpul data dan memerika kondisi.
  2. Pareto Diagram : Berupa grafik batang yang menunjukkan masalah berdasarkan urutan banyaknya jumlah kejadian.
  3. Fishbone Diagram (Tulang Ikan) : Merupakan suatu diagram yang menggambarkan hubungan sebab akibat dengan prinsip 5 Why.
  4. Scatter Diagram : Merupakan sebuah bentuk penyajian visual dari data berpasangan yang menggambarkan korelasi antara dua variabel dari kelompok data dengan kelompok data berbeda.
  5. Graphic Diagram : Termasuk tools yang umum digunakan untuk memvisualisasikan data agar mudah dipahami, dapat berupa grafik garis, batang aatau lingkaran
  6. Control Chart: Merupakan sebuah grafik garis yang memperlihatkan apakah suatu proses masih dalam batas/ garis kendali atau tidak.
  7. Histogram : Merupakan grafik garis yang memperlihatkan apakah suatu proses masih dalam batas/ garis kendali atau tidak.
Nah itu sedikit tentang komponen apa saja yang umumnya digunakan dalam Memonitoring dan verifikasi kualitas suatu produk. Ada yang mau #Sharing sering menggunakan tools yang mana? #Yuksharing

#qualitycontrol #7tools #managementsystem #qualitymanagementsystem #data